6 Aplikasi Kompres Gambar Terbaik Tanpa Mengurangi Kualitas

Anda membutuhkan gambar dengan ukuran yang kecil tetapi tetap memiliki kualitas yang baik. Mengupload gambar yang berukuran besar membutuhkan kuota internet dan kecepatan internet yang maksimal. 

Anda membutuhkan aplikasi untuk memperkecil ukuran gambar dengan catatan kualitas gambar tidak berkurang. Saya membagikan 6 aplikasi kompres gambar terbaik tanpa mengurangi kualitas gambar.

1.  Fileminimizer Picture

Aplikasi ini diklaim mampu mengompres gambar hingga 98%. Selain itu, Anda juga dapat mengompres gambar dengan jumlah yang banyak secara bersamaan. Software ini pun juga sudah terintegrasi dengan akun Facebook sehingga Anda dapat mengupload gambar hasil kompres ke akun Facebook Anda.

Anda dapat mendownload aplikasi Fileminimizer Picture secara gratis di website resmi Fileminimizer Picture yaitu http://www.balesio.com/fileminimizerpictures/eng/download.php. Meskipun gratis tetapi aplikasi ini tidak kalah kualitasnya dibanding aplikasi berbayar lainnya

2. Kraken.io

Anda dapat memperkecil ukuran gambar secara online melalui Kraken.io dimana gambar yang dapat dikompres berekstensi seperti JPEG, JPG, PNG, GIF, dan lain-lain. Hasil kompres gambar melalui aplikasi ini tentunya tidak mengurangi kualitas gambar.

Untuk teknik kompres gambar, Kraken IO membaginya menjadi dua jenis yaitu Lossless dan Lossy. Lossless adalah teknik kompres gambar dengan tanpa diharuskan mengubah pixsel gambar. Metode ini sangat mengutamakan kualitas gambar yang dikompres jadi Anda tidak perlu khawatir gambar akan menjadi buram. Metode selanjutnya adalah Lossy dimana tekniknya menggunakan algoritma khusus. Nantinya, algoritma inilah yang akan mengompres gambar hingga sekecil kecilnya serta format dan kualitas gambar pun akan berbeda-beda.

Kraken.io juga tersedia dalam bentuk extension yang dapat digunakan di Google Chrome dan Firefox. kunjungin website resminya disini https://kraken.io/web-interface.

3. PNGGauntlet

Selain kedua aplikasi diatas, aplikasi kompres gambar lainnya adalah PNGGauntlet. Aplikasi ini hanya memberikan ekstensi output gambar dalam format PNG saja tetapi untuk ekstensi input bisa semua ekstensi gambar seperti JPG, JPEG, GIF, TIFF, dan juga BMP. Meskipun size gambar menjadi berkurang tetapi hasil compress gambarnya akan tetap terjaga kualitasnya.
Aplikasi ini cocok digunakan oleh pemula karena sangat mudah penggunaannya, tampilannya sederhana dan user friendly tetapi kaya akan fitur. Sebagai catatan, sebelum Anda menjalankan aplikasi ini, Anda harus sudah menggunakan Microsoft Framework 4.0 (kalau tidak punya silahkan perbaharui saja).
website resminya yaitu https://pnggauntlet.com/.

4. JPEGmini

Aplikasi JPEGmini digunakan untuk mengompres ukuran gambar hingga 80%tanpa mengurangi atau merusak kualitas gambar. Aplikasi ini menggunakan algoritma dengan teknik kompresi terbaru. Gambar hasil kompres dapat Anda upload ke internet seperti di Facebook. website resminya yaitu http://www.jpegmini.com/.

5. Riot

Aplikasi RIOT (Radical Image Optimization Tool) digunakan untuk mengompres gambar tanpa mengurangi kualitas gambar. Dimana Anda dapat mengoptimasi gambar secara real time. Secara keseluruhan, tampilan aplikasi ini sederhana dan clean sehingga mudah digunakan. Aplikasi ini menyediakan kompres gambar secara manual dan otomatis serta terdapat pengaturan kualitas sesuai kebutuhan. Anda dapat mendownload aplikasi ini di website resminya yaitu http://luci.criosweb.ro/riot/.

6. Compressnow

CompressNow memungkinkan anda memproses 10 gambar sekaligus dengan maksimal ukuran foto per gambar 3MB. Kelebihan CompressNow adalah memiliki slider yang bisa kamu gunakan untuk mengatur besar kecilnya prosentase kompresi yang diinginkan. Web Apps ini mendukung format GIF, JPEG, JPG, PNG.