9 Hal yang akan kamu alami jika dolar terus merangkak

Dalam beberapa minggu ini, kekuatan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah semakin merajai. Banyak orang yang mulai panik dengan keadaan ini.
Perekonomian yang rumit ternyata berefek terhadap kehidupan sehari-hari. Sebagai contohnya adalah melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. 

Dalam beberapa minggu ini, kekuatan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah semakin merajai. Banyak orang yang mulai panik dengan keadaan ini. Tidak hanya berimbas kepada “bos besar”, kamu juga bisa dibikin pusing dengan fenomena ini. 

Berikut adalah sembilan hal yang akan kamu alami jika dolar terus merangkak naik

1. Pikir-pikir lagi untuk membeli smartphone

Naiknya kurs dolar terhadap rupiah bisa mengurungkan niatmu untuk membeli gadget baru. Alhasil kamu kamu gagal mengikuti tren teknologi. Hal ini disebabkan karena barang-barang tersebut diimpor dan transaksinya menggunakan mata uang dolar. 

2. Tidak bisa traktir bakso setiap hari

Semangkuk bakso bisa menjadi sangat mahal karena melemahnya nilai rupiah. Hal ini bisa terjadi karena harga tepung terigu naik akibat dolar yang meninggi. Jadi, jangan remehkan abang bakso yang sering lewat depan rumah kamu. 

3. Gagal kredit kendaraan

Banyak sekali perusahaan motor atau mobil yang mulai gusar karena kenaikan nilai dolar. Sebagai akibatnya, harga sepeda motor atau mobil bisa meninggi karena efek tersebut. Jadi, jika kamu memang ingin membeli motor baru bersiap-siaplah dengan harga yang melambung. 

4. Batal jalan-jalan ke luar negeri

Biro perjalanan luar negeri juga tidak tanggung-tanggung menaikkan harga trip ke luar negeri karena dolar yang terus merangkak. Apalagi jika kamu memang ingin mengunjungi negeri Paman Sam, pasti membobol rekening kamu. 

5. Berhenti ngemil gorengan

Kedelai sebagai bahan utama dari tahu dan tempe bisa naik karena melemahnya rupiah. Banyak produsen tempe dan tahu mengeluhkan karena harga kedelai yang melonjak akibat efek nilai rupiah. Akibatnya, harga gorengan akan semakin mahal. Wow! 

6. Tiket kereta api meroket

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan naiknya tiket kereta api adalah kenaikan kurs dolar terhadap rupiah. Efek ini bisa meningkatkan biaya pemenuhan suku cadang yang dibeli dalam mata uang dolar, akibatnya tiket kereta api naik. Jadi, siap-siap saja menunggu kabarnya saja.

7. Terancam ter-PHK

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menyebutkan bahwa sebanyak 60.000 pekerja tekstil diberhentikan alias PHK karena melemahnya rupiah. Langkah tersebut diambil karena untuk menekan laju produksi hingga 35%. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mencari kantor baru?

8. Memikirkan ekonomi negara

Mau tidak mau, isu ini memaksamu untuk menggali mengapa rupiah terus merosot. Kamu akan menjadi up to date tentang dunia keuangan dan ekonomi, terutama isu nilai tukar rupiah. Kamu akan menjadi anak ekonomi hingga nilai tukar rupiah stabil. 

9. Muncul ahli ekonomi dadakan

Saat kamu browsing, tentu saja banyak nanya yang muncul untuk memberikan penjelasan terkait naiknya dolar. Kamu bisa menjumpai ahli ekonomi baru yang tertebaran di Facebook, Youtube, atau Twitter. Bahkan ahli tersebut seringkali membuat kamu tambah pusing. 

Sumber : brilio.net