Cara Membuat Variasi Halaman dengan Page Breaks dalam Dokumen Word 2016

Membuat variasi halaman dalam satu file dokumen sangat dimungkinkan dalam Word. Halaman dapat berbeda orientasi, berbeda ukuran margin, bahkan berbeda nomor halaman. Bermanfaat untuk membuat multi desain halaman. Pengaturan variasi halaman ini memanfaatkan fasilitas fitur Page Breaks dan Section Breaks(pemutus atau pemecah halaman).

Ada beberapa pilihan dalam pengaturan page break dan section break. Aplikasi yang digunakan adalah Word 2016, dapat diterapkan juga di versi Word sebelumnya. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah penggunaan perintah menu dari tab Layout> group Page Setup>Breaks.

Menggunakan Perintah Menu Page Breaks

Perintah menu Layout, Breaks, Page Breaks
Perintah menu Layout, Breaks, Page Breaks

Perintah yang sama menu Insert, Page Break dan Page untuk membuat halaman baru

Perintah Page Breaks, Page
Perintah Page Breaks, Page

Jika menggunakan tombol Page Break yang di tab Insert> group PagesPage Break, fungsinya untuk membuat halaman baru. Hal ini sama dengan ketika menggunakan tombol menu Page yang diakses melalui tab Layout> group Page SetupBreaksPage Breaks > Page.

Membuat halaman baru disini, maksudnya adalah membuat halaman kosong berikutnya lebih cepat. Membuat jeda tanpa harus melakukan Enter beberapa kali sampai terbentuk halaman baru. Keyboar Shortcut untuk perintah ini adalah Ctrl + Enter.

Perintah Page Breaks, Column

Perintah Page Breaks, Column
Perintah Page Breaks, Column

Menu Page Breaks yang berikutnya adalah Column. Perintah ini biasanya dilakukan ketika halaman memiliki lebih dari satu kolom. Misalnya dalam halaman terdapat dua kolom, dan Anda ingin sedang mengetik di kolom satu. Setelah mengetik setengahnya di kolom satu, dengan alasan tersendiri Anda ingin mengetik langsung ke kolom  kedua. Gunakan perintah dari tab Layout> Page Setup> Breaks> Page Breaks> Column, maka kursor akan langsung loncat ke baris petama kolom kedua. Akan terbentuk jeda antara kolom satu ke kolom dua.

Kursor loncat ke awal kolom berikutnya untuk membuat baris paragraf baru
Kursor loncat ke awal kolom berikutnya untuk membuat baris paragraf baru

Untuk membuat kolom dapat menggunakan perintah dari tab Layout> group Page SetupColumns. Silahkan pilih pengaturan dan jumlah kolom yang diinginkan, bila kurang gunakan More Columns….

Perintah Breaks, Text Wrapping

Jika Anda telah mengatur jarak antar paragraf lebih renggang, maka saat menggunakan tombol Enter akan terbentuk paragraf baru. Jarak yang sudah ditentukan dalam pengaturan paragraf akan membentuk jeda. Misalnya, Anda telah mengatur nilai After 12 pt, jarak antar paragraf akan mengalami jeda sebanyak 12 point. Contoh pengaturan jarak antara paragraf bisa dilihat dalam artikel berikut Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word.

Dalam keadaan tertentu kadang membutuhkan baris baru dalam paragraf. Dengan perintah Text Wrapping, Anda dapat membuat baris baru tanpa membuat parafraf baru. Jadi baris text baru yang dihasilkan tidak mempunyai jeda. Perintahnya melalui tab Layout> group Page SetupBreak> Page Breaks> Text Wrapping, akan membentuk jeda baris dalam paragraf.

Contoh baris teks baru dalam paragraf
Contoh baris teks baru dalam paragraf

Contoh manfaat lainnya adalah membuat baris baru pada Numbering list atau Bullet list. Jika Anda dalam daftar numbering ingin membuat baris baru dengan melakukan tekan tombol Enter, maka akan terbentuk baris nomor berikutnya. Agar terbentuk baris baru dalam list numbering tanpa membuat nomor baru bisa menggunakan Page Breaks> Text Wrapping.

Contoh baris teks baru dalam numbering list
Contoh baris teks baru dalam numbering list

Menggunakan Section Break untuk Mengatur Tata Letak dan Format Dokumen

Mulai dengan mengontrol tampilan dokumen Anda. Satu halaman dapat memiliki beberapa bagian (section) yang berbeda. Misalkan, setiap section, dapat memiliki header dan footer, orientasi, format, dan spasi tersendiri.

Diasumsikan Anda telah membuat halaman baru Word melalui menu File, New, Black Document. Halaman kosong telah terbentuk. Misalkan, di halaman satu Anda membuat halaman cover.

Cara mengatur agar halaman berikutnya memulai section baru

Halaman berikutnya telah terbentuk. Direncanakan halaman kedua ini akan membuat bagian atau section baru untuk kata pengantar dan daftar isi.
    1. Pada tab Layout, di grup Page Setup, pilih Breaks.
    2. Lalu pilih jenis section yang Anda inginkan pada Section Break.
Pilihan tipe section break
Pilihan tipe section break
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan section, Anda memiliki pilihan tak terbatas agar bentuk halaman sesuai dengan harapan. Salah satu cara terbaik dan termudah untuk melakukannya adalah bereksperimen dan memainkan section break. Lihatlah apa saja yang sesuai untuk Anda dan bagaimana tampilan dokumen seperti yang diinginkan.

Pilihan Section Breaks

Perintah Section Breaks Next Page

Next Page section breaks, akan memulai section (bagian) baru pada halaman berikut. Pemutusan satu halaman untuk memulai halaman selanjutnya sebagai section baru. Pada halaman section baru tersebut dapat membuat nomor halaman, orientasi, ukuran kertas, dll. berbeda dengan halaman sebelumnya sampai dengan Anda membuat section baru lagi.

Pilih Layout> Breaks> Next Page.

Next Page section breaks untuk memulai bagian baru pada halaman berikutnya dalam dokumen Word
Next Page section breaks untuk memulai bagian baru pada halaman berikutnya dalam dokumen Word

Dengan perintah ini  section (bagian) halaman akan bertambah. Jumlah Section dapat dilihat di bagian bawah kiri jendela Microsoft Office Word.

Cara mengetahui section halaman dokumen Word
Cara mengetahui section halaman dokumen Word

Perintah Section Breaks Continuous

Continuous section breaks, untuk memulai section baru pada halaman yang sama. Salah satu alasan paling umum untuk menggunakan jenis bagian ini adalah jika Anda menggunakan kolom. Dengan menggunakan section break semacam ini, Anda dapat mengubah jumlah kolom tanpa memulai halaman baru. Jadi dalam satu halaman dapat lebih dari satu section.

Contoh pengaturan beberapa section dalam satu halaman
Contoh pengaturan beberapa section dalam satu halaman

Contoh: Mulanya Anda memiliki halaman dengan satu kolom. Lalu di bagian halaman yang sama selanjutnya ingin membuat tata letak dua kolom.

    1. Pilih Continuous, lalu buatlah tata letak kolom baru.
    2. Ulangi jika masih ingin membuat bagian yang berbeda.
    3. Pilih Layout> Breaks> Continuous.
Perintah Continuous section breaks memulai bagian baru pada halaman yang sama dalam dokumen Word
Perintah Continuous section breaks memulai bagian baru pada halaman yang sama dalam dokumen Word

Perintah Section Breaks, Even Page

Even Page section breaks, memungkinkan Anda memulai section baru pada halaman berikutnya dengan nomor halaman genap.
Pilih Layout> Breaks> Even Page.

Perintah Even Page section breaks untuk memulai bagian baru di halaman bernomor genap berikutnya dalam dokumen Word
Perintah Even Page section breaks untuk memulai section baru di halaman berikutnya bernomor genap dalam dokumen Word

Perintah Section Breaks, Odd Page

Odd Page section breask, memungkinkan Anda memulai section baru pada halaman berikutnya dengan nomor halaman ganjil.
Pilih Layout> Breaks> Odd Page.

Perintah Odd Page section breaks untuk memulai bagian baru pada halaman bernomor ganjil berikutnya dalam dokumen Word
Perintah Odd Page section breaks untuk memulai section baru pada halaman berikutnya bernomor ganjil dalam dokumen Word

Dengan variasi halaman section break dalam satu file dokumen Word ini, operator computer biasanya menggunakan untuk pembuatan karya tulis yang isinya kompleks. Tidak perlu dokumen file terpisah walaupun terdiri dari coverdaftar isi, dan bab dengan perbedaan format penomoran halaman dan orientasi kertas yang berbeda.

 

Referensi: support.office.com

Sumber : www.operatorcomputer.com