Editing Video “Davinci Resolve”

DaVinci Resolve 15 merupakan software gratis terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk keperluan editing YouTube atau untuk keperluan editing filmmaker pemula maupun profesional. Tetapi sebenarnya apa itu DaVinci Resolve? Apa kelebihannya? Apa kekurangannya? Mengapa kita tidak menggunakan software yang lebih terkenal saja seperti Adobe Premiere Pro?

Awal Mula DaVinci Resolve

Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa DaVinci Resolve diambil dari nama sang genius: Leonardo da Vinci. Masuk akal memang, sebuah software yang berurusan dengan seni diambil dari nama seorang master seni.

DaVinci Resolve awalnya merupakan software buatan perusahaan asal Amerika Serikat yang bernama da Vinci Systems pada tahun 2004. Pada saat itu namanya adalah da Vinci Resolve(dengan awalan huruf kecil dan tanpa spasi). da Vinci Systems sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri perfilman. Mereka terkenal dengan produk ‘orang-orang film’ seperti: color corrector, color grading, digital mastering system dan restorasi film.

Nah, untuk urusan color corrector, da Vinci Systems memiliki dua solusi. Yaitu solusi berbasis hardware(da Vinci Renaissance 888, da Vinci 2K dan da Vinci 2K Plus) dan solusi berbasis software, yaitu da Vinci Resolve!

Ini dahulu digunakan oleh produser film Hollywood.

Setelah berkecimpung selama 25 tahun (oh ya, da Vinci Systems didirikan pada tahun 1984), pada tahun tahun 2009, da Vinci Systems diakuisisi oleh perusahaan perfilman lainnya. Yaitu Blackmagic Design. Sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2001 dan bermarkas di Australia. Sejak akuisisi itulah software DaVinci Resolve berevolusi menjadi software yang kita kenal saat ini.

Mengapa saya sebut berevolusi?

Seperti yang sudah saya sebutkan, da Vinci Systems adalah perusahaan yang bergerak di industri film. Hardware maupun software yang digunakan oleh industri tersebut bukanlah hardware/software yang bisa dibeli dan digunakan oleh masyarakat umum. Karena harganya yang mahal dan butuh keahlian khusus untuk mengoperasikannya.

Saya tidak menemukan berapa harga software da Vinci Resolve pada masa awal rilisnya, dari informasi yang saya dapat software ini membutuhkan hardware seharga $500,000 (Rp6.770.750.000) agar bisa berjalan!

Bandingkan dengan sekarang. Anda bisa mendownload DaVinci Resolve secara gratis dan menjalankannya di komputer dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi.

Sebuah evolusi yang mampu mengubah industri perfilman di masa depan!

Penantang Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro sudah tidak bisa diragukan lagi sebagai non-linear video editing software yang populer dan banyak digunakan oleh para filmmaker di luar sana. Youtubers pun banyak yang menggunakan Adobe Premiere Pro. Karena Anda bisa dengan mudah menemukan tutorial tentang Adobe Premiere Pro dan belajar menggunakan software tersebut, serta ada banyak diskusi dan bantuan yang bisa Anda andalkan ketika mengalami kendala dalam menggunakan Adobe Premiere Pro.

Saya sendiri juga merupakan pengguna Adobe Premiere Pro. Atau bisa dibilang mantan pengguna Adobe Premiere Pro. Karena jujur saja, selama ini saya menggunakan Adobe Premiere Pro bajakan.

Selama menggunakan Adobe Premiere Pro, selalu tersirat rasa bersalah dalam diri saya setiap kali membuka Adobe Premiere Pro di komputer saya. Karena saya sendiri merupakan lulusan Sistem Informasi yang kerjanya berhubungan dengan software. Saya tahu bagaimana susahnya membangun sebuah software dan apa rasanya hasil kerja keras kita tidak membuahkan hasil. Dari rasa bersalah itulah saya mencoba mencari alternatif software video editing yang bisa menggantikan Adobe Premiere Pro. Pada saat itulah saya menemukan DaVinci Resolve 15.

Dari pengalaman saya, saya bisa pastikan bahwa DaVinci Resolve merupakan penantang serius Adobe Premiere Pro. Tidak hanya karena software ini gratis, tetapi performa software ini sendiri melebihi Adobe Premiere Pro. Walaupun saat ini saya menilainya menggunakan hardware yang terbatas, tapi bisa saya pastikan DaVinci Resolve lebih cepat dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro.

Selain itu kemudahan penggunaannya. Hanya butuh beberapa jam bagi saya untuk memulai menggunakan DaVinci Resolve dan mengedit video secepat saya mengedit menggunakan Adobe Premiere Pro. Bahkan lebih cepat!

Kelebihan

saya bisa menemukan beberapa kelebihan DaVinci Resolve 15 dibandingkan software-software lainnya.

  • Gratis! 
  • Multi-platform. Anda bisa menginstall DaVinci Resolve 15 di Windows, macOS X dan Linux!
  • Rendering cepat! Jauh lebih cepat dari pada Adobe Premiere Pro!
  • Mudah digunakan! Semudah menggunakan Windows Movie Maker!
  • Fungsi software terorganisir dengan baik. Tidak acak-acakan.

Kekurangan

 Berikut beberapa kekurangan yang saya temukan selama kurang lebih 15 hari menggunakan DaVinci Resolve 15:

  • Bug. Karena DaVinci Resolve 15 tergolong software baru, maka bug adalah sesuatu yang wajar.
  • Navigasi kaku. Mungkin karena kurang terbiasa, saya sering secara tak sengaja menghapus sesuatu yang tidak ingin saya hapus dan tanpa sengaja menimpa sesuatu yang tidak ingin saya timpa.
  • Harus hati-hati dan teliti sebelum me-render. Sebelum melakukan proses rendering, Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang harus akan pilih dengan teliti. Saya pernah menghabiskan waktu 2 jam untuk merender, tapi hasilnya tidak ada suaranya karena saya lupa memilih channel audio yang akan di-render.