Pentingnya Izin BPOM !!! Cara mengetahui kosmetik legal, berizin resmi BPOM

Ladies.. Kita jangan sampai mudah tergiur dengan tawaran manis para sales kosmetik yang dengan percaya dirinya meyakinkan setiap customer untuk membeli produk kosmetik yang mereka jual.

Para sales kosmetik ilegal biasanya meyakinkan calon pembelinya dengan berbagai cara seperti memberitahukan bahwa produk tersebut berasal dari luar negeri dan belum ada di Indonesia, atau produk tersebut sudah banyak terjual dan banyak sekali peminatnya plus ampuh untuk memutihkan dalam jangka waktu pendek dan masih banyak lagi cara lain.

Produk kosmetik ilegal sudah merajalela di Indonesia dengan harga yang bervariasi. Jika anda suka melihat berita, baik di TV maupun sosial media. Tidak sedikit produk kosmetik yang berhasil di sita oleh BPOM , nilainya pun tak tanggung-tanggung, jutaan hingga milyaran rupiah.

Produk kosmetik dan skincare yang tidak memiliki ijin resmi dari BPOM tentu sangatlah berbahaya untuk kesehatan kulit kita. Kosmetik mengandung bahan berbahaya biasanya mengandung :

  1. Merkuri
  2. Hidrokinon
  3. Pewarna Merah K10

Merkuri dan Hidrokinon biasanya ditemukan pada krim pemutih kulit. Sedangkan Pewarna merah K10 ditemukan pada produk Lipstik, Eyeshadow dan Blush on. 

Penggunaan kosmetik berbahaya ini dapat mengakibatkan masalah jangka pendek berupa alergi, flek hitam yang sulit hilang dan penipisan kulit wajah. Selain itu, dampak jangka panjang pemakaian produk dengan bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan kanker kulit dan gangguan hati. 

So….wajib bagi pecinta kosmetik terutama kaum hawa untuk berhati-hati dan waspada terhadap produk-produk kosmetik, apapun itu jenisnya , merk-nya dan namanya.  Pastikan bahwa produk yang Anda pakai adalah yang sudah terdaftar resmi di BPOM.

Nah , sedikit saya akan berbagi tips bagaimana mengecek sebuah produk kosmetik, apakah sudah memiliki izin resmi dari BPOM atau tidak. Caranya adalah :

  1. Silahkan Anda check database produk kosmetik dan obat-obatan milik BPOM dengan mengakses situsnya di www.pom.go.id
  2. Maka nanti akan muncul tampilan form ( bisa buka via HP or laptop )
  3. Silahkan Anda pilih metode pengecekannya mau berdasar apa , karena ada banyak pilihan ya salah satunya merk dan Nomor Registrasi. Sebagai contoh : Royal jelly body complex dari JAFRA Cosmetics Indonesia

Cari produk :
Cari berdasarkan : Nomor Registrasi 
Kata kunci NE34120102847

Foto Jafra Skin Care karawang.

Produk kosmetik maupun skincare dari JAFRA telah resmi mendapatkan ijin dari BPOM dan aman untuk digunakan.

Yukk Silahkan check produk Anda… Jangan cuma katanya Herbal, katanya Aman.. Ehh No BPOM tidak ada ,, tetapi sudah lulus Uji Lab, kalaupun ada, ternyata PALSU ( No. BPOM pakai nama produk lain ) 

Semoga bermanfaat 

==Like and share==